Minggu, 11 Maret 2012

CAPASITOR BANK

CAPASITOR BANK adalah suatu peralatan tenaga listrik yang terdiri dari sekumpulan kapasitor dan berfungsi untuk memperbaiki factor daya (cos phi). Pemasangan kapasitor selalalu dipasang secara paralel. Cara pemasangan dan peletakkan kapasitor bank bisa dilakukan dengan 3 cara :
1. Individual.
Pada cara ini, kapasitor bank dipasang hanya di bus yang ingin diperbaiki cos phi nya. Keuntungan dari cara ini adalah cos phi di setiap bus selalu baik. Selain itu juga cos phi sistem juga akan baik. Kerugian dari sistem ini adalah terlalu boros dan harganya mahal.
2. Grup.
Sistem Grup ini adalah suatu cara pemasangan Kapasitor Bank yang ditempatkan di bus teratas dalam suatu grup di dalam suatu interkoneksi (Bukan di bus teratas dari keseluruhan sistem). Keuntungan dari cara ini adalah dapat memperbaiki cos phi atau factor daya dalam suatu grup. Kekurangan dari sistem ini adalah meskipun sudah memperbaiki factor daya dalam suatu grup,namun tetap tidak bisa memperbaiki factor daya secara keseluruhan.
3. Central.
Adalah cara pemasangan kapasitor yang dipasang di bagian bus utama suatu sistem. Tujuan utama dari pemasangan ini adalah untuk memperbaiki factor daya di bus utama atau sistem secara keseluruhan. Keuntungan dari sistem ini adalah harganya murah dan factor daya sistem bagus, sedangkan kelemahannya adalah tidak dapat memperbaiki factor daya pada setiap bus beban sehingga seringkali terjadi drop tegangan dan faktor daya buruk pada setiap bus beban yang memiliki beban dinamik (Motor).
Namun pada dasarnya dari ketiga cara diatas tidak ada yang terbaik atau terburuk, namun dalam memilih cara pemasangan kapasitor Bank harus disesuaikan dengan kebutuhannya tidak asal pasang di segala posisi. Selain itu karena harga kapasitor bank yang mahal maka dalam pemilihan spesifikasi kapasitor bank harus disesuaikan dengan kebutuhan. Misalnya jika ingin memperbaiki faktor daya dari suatu sistem, harus mencari dulu nilai kapasitor bank (VAR) yang ingin dipasang. Rumus untuk mencari nilai VAR dari suatu kapasitor bank adalah:
∆Q = P tan (cos-1 φlama ) – P tan (cos-1φBaru)
∆Q = Besar VAR kapasitor Bank.
P = Daya sistem.
cos φ = Faktor daya.
Dalam penentuan kapasitor bank harus diperhatikan spesifikasinya. Karena, jika salah dalam memilih spesifikasi kapasitor bank maka kemungkinan terburuk yang akan terjadi adalah timbulnya Resonansi pada sistem sehingga akibat terparah yang bisa terjadi adalah bisa merusak peralatan listrik yang ada. Dan apabila kita terlalu banyak memasang kapasitor bank akan menyebabkan sistem leading. Dan efek terburuk dari sistem leading ini adalah terjadi loss eksitasi pada generator sehingga generator menjadi menyerap daya reaktif.
Selain untuk perbaikan faktor daya, fungsi lain dari kapasitor bank adalah bisa memperbaiki dan menurunkan drop tegangan serta memperbaiki kualitas daya listrik yang ada. ada dua hal yang mempengaruhi kapasitor bank,yaitu:
1. Suhu lingkungan, semakin tinggi suhu ruangan kerja kapasitor bank maka semakin cepat masa hidupnya.
2. Harmonisa yang dihasilkan peralatan. Beberapa peralatan yang dapat menyebabkan kapasitor bank cepat rusak adalah peralatan yang menghasilkan harmonisa seperti : Inverter, DC Drive, UPS atau uninteruptable power supply, soft starter, rectifier, dan lampu neon.

0 komentar:

Poskan Komentar