Sabtu, 17 Maret 2012

Cara pengisian freon pada ac split

Pertama-tama yang harus dilakukan dalam pengisian freon adalah mengoperasikan ac split.
setelah outdoor unit mendapatkan supply listrik dari indoor unit, buka nepel penutup pentil pengisian freon dengan kunci inggris.
lalu pasang selang berwarna biru yang berada pada manifold di pentil pengisian freon.
setelah selang manifold berwarna biru terpasang, adakah tekanan freon?
dengan melihat jarum manifold tekanan rendah yang berwarna biru.

jika tidak ada tekanan freon sama sekali, berarti sistem pendingin atau ac split ada kebocoran.
cari sampai ketemu dimana letak kebocorannya dengan kuas kecil yang diberi air sabun, bila tidak diperbaiki atau dilas kebocorannya freon akan berkurang kembali walaupun telah diisi sampai ac split menjadi dingin kembali.

bila ruang kebocorannya harus diperbaiki dengan cara mengelas dan pada sistem pendingin/ac split masih terdapat sisa freon, maka yang harus anda lakukan sebelum melakukan perbaikan atau pengelasan adalah membuang sisa freon tersebut agar tidak membahayakan diri anda.
apabila telah ditemukan letak kebocorannya dan sudah diperbaiki atau dilas, sistim pendingin atau ac split harus divakum terlebih dahulu sebelum diisi freon, dengan menggunakan mesin vakum.

vakum yang baik harus mencapai 30", lalu bagaimana bila anda tidak mempunyai mesin vakum???
tenang saja masih ada cara, yaitu dengan menggunakan compressor atau outdoor unit yang akan kita isi freonnya, caranya adalah sebagai berikut :

1. pasang selang manifold berwarna biru pada pentil pengisian freon dan selang warna kuning pada tabung freon (posisi kran ditabung freon dlm keadaan terbuka penuh dan kedua kran pada manifold tertutup penuh).

2. buka penutup kran nepel ukuran 3/8 yang ada pada samping kanan kran nepel outdoor unit.

3. masukan kunci L pada kran nepel 3/8 dan putar kekanan (posisi klep nepel ditutup).

4. operasikan ac split dan tunggu sampai indoor unit mensupply listrik kebagian outdoor unit.

5. setelah outdoor unit beroperasi, lepaskan selang warna biru dari manifold, angin akan keluar dari ujung selang warna biru dan tunggu sampai angin tidak keluar lagi dari ujung selang warna biru.

6. setelah tidak ada angin yang keluar lagi dari ujung selang warna biru, pasang kembali ujung selang warna biru ke manifold lalu putar ke kiri kunci L yang berada pada kran nepel 3/8 (posisi kran nepel terbuka penuh).

7. isi freon dengan memutar kran manifold warna biru kearah kiri sambil melihat jarum manifold untuk memastikan berapa freon yang sudah masuk kedalam sistem pendingin atau ac split.
pada waktu pengisian freon lakukan secara bertahap jangan sekaligus dalam waktu singkat, agar tidak merusak klep compressor.
buka kran manifold........ sebentar........ lalu tutup kembali, lakukan berulang-ulang dan lihat berapa freon yang sudah masuk pada jarum penunjuk yang ada dimanifold, sampai pipa instalasi ac split yang berukuran 3/8 yang berada pada outdoor unit basah berembun atau evaporator yang ada pada indoor unit anda pegang, apabila dinginnya sudah merata berarti proses pengisian freon sudah cukup, tidak harus 75 psi.

bila unit ac kelebihan freon akan membuat ac split menjadi tidak dingin bukan menjadikan lebih dingin.
perhatikan juga amper compressor pada waktu pengisian freon, jangan sampai melebihi batas amper(current) yang dapat anda lihat pada sisi indoor unit.

0 komentar:

Posting Komentar


Powered byEMF Form Builder
Report Abuse