Selasa, 01 November 2011

Cara Cek Kopling

Cara mengetahui kondisi kompling dan langkah pemeriksaannya.

Pernah merasakan tarikan mobil terasa berat dan tidak menggigit? Apalagi bila diperparah dengan konsumsi bahan bakar yang jadi lebih boros. Bisa jadi, itu disebabkan karena kopling yang sudah haus atau lemah.

Nah, untuk mengetahui gejalanya, dibutuhkan beberapa tips agar kondisi kopling mobil anda selalu terjaga, sehingga performanya tetap prima, dan membuat pengendaraan kita slalu nyaman.

Pertama, hidupkan mesin dan coba jalankan kendaraan. Masukkan transmisi 1,2,3,4 dan 5 kemudian rasakan tenaganya. Apakah ada yang aneh, seperti misalnya suara mesin berdengung ketika diajak berakselarasi?

Atau bisa juga indikasinya tuas transmisi selalu mental ke posisi netral dengan sendirinya, bila begitu, selain plat kopling sudah tipis, juga terjadi keausan pada gigi dan plat kopling.

Sementara untuk mobil matik pun, kita bisa mengetahui kondisi kopling mobil kita. Caranya, tarik rem tangan penuh, dan perlahan injak pedal gas. Rasakan, apakah mobil serasa mau jalan, atau sebaliknya.

Bila mobil masih terasa mau jalan, berarti plat kopling masih bagus, tapi kalau sebaliknya, dimana mobil hanya diam saja, berarti plat kopling sudah lemah, dan perlu dilakukan pergantian.

Detik
SPONSOR : __HOSTING MURAH____BELAJAR BISNIS ONLINE__ __BISNIS PULSA__

0 komentar:

Poskan Komentar