Rabu, 23 November 2011

Repair Fuel Gauge


Modifikasi Fuel Gauge.Fuel meter/Fuel Gauge yang berfungsi sebagai indikator bahan bakar didalam tangki bensin memiliki prinsip kerja sama dengan Thermo gauge, bedanya cuma sensor fuel gauge adalah variable resistor, sedangkan Thermo gauge menggunakan sensor NTC yang peka terhadap perubahan temperatur/suhu.

Untuk wiring diagram Fuel Gauge umumnya terdiri dari 2 type, seperti pada gambar yakni type A dan Type B, untuk type A umumnya yang dipergunakan oleh mobil-mobil saat ini, yakni dengan tegangan suplay 12 volt, ground/body dan input dari variable resistor. Sistem ini sudah menggunakan motor sebagai penggerak jarum penunjuk meter.
Untuk type B biasanya di pakai oleh mobil-mobil lama, sistem ini hanya membutuhkan plus 12 volt dan terhubung dengan sensor aja dalam hal ini variable resistor. Biasanya menggunakan bimetal yang sensitif terhadap panas sebagai penggerak jarum penunjuk Fuel Gauge. Kelemahan sistem ini kurang stabil di banding type A, karena kalau tegangan suplai naik berimbas pada Fuel Gauge yang ikut naik walaupun kondisi bahan bakar didalam tangki tetap.
untuk repaire fuel gauge ini lumayan ribet.untuk pertama anda harus pastikan terlebih dahulu bahwa wiring sudah ok disamping itu kondisi pelampung juga harus dipastikan ok.cara yang paling mudah untuk mengetahui bahwa fuel gauge rusak adalah posisi jarum fuel gauge yang bertahan di posisi F walaupun bensin kosong.hal ini terjadi karena coil fuel gauge terbakar atau putus.untuk merepairenya anda bisa membawanya ke tukang dinamo untuk melilit ulang coil/melilit sendiri.tp hal ini beresiko tinggi bila lilitan coil tidak sama dengan originalnya.anda juga bisa mengganti fuel gauge dengan volt meter. 

0 komentar:

Poskan Komentar