Minggu, 04 September 2011

tips memilih hard disk

kebanyakan orang awam tidak mengerti persoalan HDD. mereka hanya tahu space atau ukuran serta merek dagang saja, namun tidak melihat perihal lain. Oleh karena itu, Hal-hal apa saja yang diperhatikan dalam membeli atau memilih Harddisk? berikut ini adalah hal-hal yang perlu diperhatikan.
1. Ukuran (Size) untuk ukuran yang menjadi standart pasar sekitar 80-120 GB. namun saya sarankan untuk memilih yang lebih tinggi karena tuntutan data yang semakin besar.
2. PATA atau SATA saya lebih menyarankan untuk memilih SATA (serial ATA) ketimbang PATA (Parallel ATA) jika mainboard PC mendukung SATA. karena beberapa faktor diantaranya, kecepatan transfer SATA yang lebih cepat (150MB per detik) dan kabel yang digunakan SATA lebih kecil sehingga air flow di dalam casing PC tidak terganggu.
3. Speed atau kecepatan putar Hard Disk (piringan Keras) ini diputar oleh motor dengan kecepatan tertentu. semakin cepet putaran motor tentu saja kecepatan baca juga semakin cepat. ada yang 7200rpm (rotation per minute) dan ada juga yang 10.000 rpm. 4. Buffer Memory hal yang terakhir ini adalah hal penting. banyak pembeli HDD yang tidak mengindahkan hal ini. sebelum data HDD di kirim ke Memory utama untuk di proses, data-data tersebut selalu masuk dahulu ke Buffer Memory (seperti RAM) yang terdapat pada controller HDD. hal ini dilakukan untuk mencegah antrian yang panjang dalam membaca HDD. semakin besar ukuran Buffer yang terdapat pada HDD, maka akan semakin baik atau cepat pembacaan penulisan data.

0 komentar:

Poskan Komentar