Kamis, 04 Agustus 2011

Mesin hidraulic


photo : bi.go.id

Mesin hidraulic banyak digunakan pada industri pengolahan bahan baku menjadi sebuah produk yang bermanfaat. Hidraulic mempunyai tekanan yang cukup besar dan kuat yang berasal dari sebuah pompa mekanis yang digerakan oleh motor listrik. Media tekanan yang paling umum dipakai berupa oli atau air.

Selama motor listrik menggerakan pompa, maka press atau tekanan akan terus dihasilkan, hal ini jika tidak dibatasi, dapat menyebabkan kerusakan pada mesin akibat dari kelebihan tekanan, dari yang dibutuhkan.

Ada dua cara untuk membatasi tekanan pada mesin hidraulic unit.

1. Dari segi mekanis.
  • Tekanan dapat dibatasi dengan menggunakan alat yang disebut Relief Valve atau katup pembebas. Kekuatan tekanan alat ini bisa di rubah sesuai keperluan.
  • Pada saat terjadi tekanan berlebih, maka relief valve akan membuang sebagian tekanannya, dan dialirkan ke tanki penampungan, atau recervoir.
2. Dari segi electric.
  • Tekanan dapat dibatasi agar sesuai dengan kebutuhan, dengan menggunakan alat yang disebut Pressure switch atau press sensor atau sensor tekanan. Kekuatan tekanan alat ini dapat dirubah sesuai keperluan.
  • Pada saat terjadi tekanan berlebih pada unit hidraulic, maka pressure switch akan mematikan motor listrik yang menggerakan pompa.

SPONSOR : __HOSTING MURAH____BELAJAR BISNIS ONLINE__ __BISNIS PULSA__ __INTERNET SYARI'AH__

0 komentar:

Poskan Komentar